Telo Blog | Free Software | Tutorial | Tips and Trick

Widget-1 title

Widget-2 title

Widget-3 title

Metal Pointer

Cara Membuat Template SEO Friendly

pada kesempatan yg berbahagia ini Telo Blog akan menjelaskan cara membuat template blog anda Seo Friendly
Tentu sobat semua sudah tahu kalau template yang SEO Friendly akan membuat blog sobat lebih mudah dan cepat di index oleh search engine. Karena para crawler search engine pasti lebih suka menjelajahi blog sobat jika struktur blog sobat SEO Friendly. Nah sekarang saya akan bagaimana cara membuat template sobat menjadi SEO Friendly.
Caranya masuk ke Dasbor --> Rancangan --> Edit HTML --> Centang Expand Template Widget
Demi keamanan template sobat, backup dulu tempalte sobat dengan klik Download Template Lengkap.
Agar template SEO Friendly rubahlah Page Title Blog sobat. Caranya ikuti di bawah ini.
Cari kode <title><data:blog.pageTitle/></title> , lalu ganti dengan kode ini

 <b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
</b:if>
Atau dengan menyisipkan keyword seperti ini
<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageTitle/> | keyword | keyword | keyword </title>
</b:if>
 Tapi kalau saya sendiri tidak menggunakan kedua cara di atas, saya mencoba sesuatu yang baru. Saya membedakan keyword untuk halaman Homepage dan halaman postingan. Untuk halaman Homepage saya menggunakan kode berikut.

<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
<meta content='Deskripsi tentang blog sobat ' name='description'/>
<meta content='Kata kunci Homepage sobat' name='keywords'/> </b:if>
 Sedangkan untuk halaman posting saya menggunakan kode berikut
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<title><data:blog.pageName/></title>
<meta expr:content='data:blog.pageName + &quot;, &quot; + data:blog.title + &quot;, &quot; + data:blog.pageName' name='Description'/>
<meta expr:content='data:blog.pageName + &quot;, &quot; + data:blog.title + &quot;, &quot; + data:blog.pageName' name='Keywords'/>
</b:if>
 Lalu apa yang berbeda dari kode yang paling atas dengan kode yang saya gunakan? 
Perbedaannya yaitu selain merubah Page Title Blog juga ada perbedaan untuk deskripsi dan keyword blog sobat di Homepage dan halaman posting. Jadi menurut saya hal ini akan sedikit membuat template kita lebih SEO Friendly sehingga crawler search engine senang menelusuri blog sobat. Cukup itu saja postingan kali ini tentang  Cara Membuat Template SEO Friendly. Jika ingin cara-cara yang lain agar template sobat SEO Friendly tunggu saja tutorial saya yang selanjutnya.
Tutorial berlanjut ke  Cara Membuat Template SEO Friendly Part 2

Categories: ,